Card image cap

Puskesmas Oekabiti Resmi Tempati Gedung Baru dan Peroleh Predikat Akreditasi Tingkat Pertama

   Syukuran Puskesmas Oekabiti
Berita    2019-05-23  09:35:10

gambar

Puskesmas Oekabiti, Kecamatan Amarasi Kabupaten Kupang Propinsi NTT resmi mendapat predikat Akreditasi Tingkat Pertama yang dibuktikan dengan penyerahan Sertifikat Akreditasi Oleh Wakil Bupati Kupang,Jerry Manafe, jumat 3/5/2019.

Penyerahan tersebut Bertepatan dengan syukuran menempati Gedung Baru puskesmas berlantai dua yang dibangun pada tahun 2018 dengan sumber dana Dak Afirmasi senilai Rp. 6 Milyar.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kupang,dr.Robert Amheka dalam laporannya mengatakan,ada 13 Bangunan Baru Puskesmas diwilayah Kabupaten Kupang yang Bersumber dari dana Dak afirmasi tahun 2018.Dari ke 13 Gedung Puskesmas yang dibangun, ada 9 gedung Puskesmas yang sudah selesai 100 persen.

Sementara Puskesmas Uitao di Kecamatan Semau dan Puskesmas Soliu di Kecamatan Amfoang Barat Laut progresnya baru mencapai 90 Persen sehingga kontraktor sudah di PHK.dan dua puskesmas lagi hingga saat ini  masih diperpanjang untuk diselesaikan pekerjaan oleh rekanan.

“Ada 13 bangunan puskesmas yang dibangun tahun 2018.9 bangunan sudah selesai 100 persen.Dua Puskesmas masih diperpanjang masa kerja untuk diselesaikan Kontraktor.sedangkan dua lagi yakni Uitao  dan Soliu pekerjaan baru mencapai 90 persen,sehingga kontraktor sudah di PHK oleh PPK.Tapi Tahun ini dianggarkan lagi dan akan dilakukan penunjukan langsung untuk menyelesaikan  pekerjaan 2 puskesmas tersebut”terang Kadis Kesehatan.

 

Wakil Bupati Kupang Jerry Manafe dalam arahannya menitik beratkan soal keberhasilan seorang pimpinan bukan dilihat dari fisik orang perorang.tapi kemampuan dalam mengelola dan manajemen,khususnya puskesmas yang berhubungan dengan kesehatan dan pelayanan medis kepada masyarakat.

Wakil Bupati juga mengatakan bahwa Puskesmas yang bagus harus dilengkapi dengan pelayan yang baik pula. Apagunanya gedung puskesmas yang begini mewah kalau pasien tidal dilayani secara baik.

“Saya minta petugas puskesmas jangan seperti itu.layani secara baik kepada semua pasien.Jangan melayani orang dilihat dari cara berpakaian,bentuk fisik dan lainnya.layani mereka dengan hati. Karrna apa yang kita buat bagi sesama kita akan diperhitungkan oleh Tuhan”Sebutnya.

 

Selain soal pelayanan,Manafe juga menekankan soal kebersiham area puskesmas,karena menurutnya kebersihan area puskesmas mencerminkan kondisi orang yang berdiam didalamnya.

Malahan wakil Bupati mengarahkan untuk berdoa sebelum melakukan pelayanan kepada pasien.karena yang memberi kesembuhan itu tuhan, hanya saja melewati tangan dokter.

“Hendaknya puskesmas Oekabiti menjadi puskesmas yang baik dengan pelayanan yang maksimal kepada seluruh masyarakat yang ada dikecamatan Amarasi”Tegas Wabup.(kenzo)Z